Minggu, 15 Desember 2013

Klub Buku Makassar: Livetweet bersama Chatreen Moko

Sekitar lima hari yang lalu, Senin, 9 Desember 2013 pukul 20.00 WITA, di jejaring sosial Twitter, akun @KlubBuku_MKS menggelar acara livetweet bersama kak Chatreen Moko, penulis buku Broken Home  Broken Dreams. Livetweet yang diadakan Klub Buku Makassar ini termasuk salah satu tantangan #KBMaward minggu kedua dari klub buku itu sendiri. Apa itu #KBMaward? #KBMaward adalah sebuah event khusus dari KBM (semacam) penghargaan kepada followers yang aktif dan kreatif. Dalam #KBMaward, Klub Buku Makassar memberikan tantangan-tantangan berbeda tiap minggunya, ada hadiahnya juga lho. Untuk tahu lebih lengkap tentang #KBMaward cek aja favorites @KlubBuku_MKS di twitter ya.

Livetweet malam itu membahas tentang penulis dan bukunya, Broken Home ≠ Broken Dreams. Sebagai awalan, admin menerangkan bahwa buku Broken Home  Broken Dreams merupakan kumpulan cerita pendek tentang kisah-kisah broken home. Penulisnya sendiri adalah Chatreen Moko, biasa dipanggil Moko yang kini masih kuliah semester satu (masih muda kan?). Admin @KlubBuku_MKS juga menyebutkan sedikit alasan mengapa penulis akhirnya menulis buku ini. Penulis mengaku bahwa buku ini dibuat tak lain karena dorongan dari para follower akun @Broken_homeINDO yang dibuatnya.

Setelah admin @KlubBuku_MKS usai menerangkan aturan livetweet malam itu, ya udah pastinya bom mention membanjiri akun @KlubBuku_MKS. Tak sedikit dari para follower @KlubBuku_MKS yang langsung bertanya pada kak Moko tentang bukunya maupun tentang kesan pribadinya saat menulis buku tersebut. Nih, berikut tanya jawab seputar buku Broken Home  Broken Dreams yang dimoderatori oleh admin @KlubBuku_MKS :


1. Kesulitan-kesulitan apa yang kamu dapatkan ketika menggarap buku ini? @KlubBuku_MKS

Kesulitannya waktu menyeleksi dan proses editing naskah-naskah yang masuk, soalnya cukup banyak yang berpartisipasi.


2. Buku Broken  Home Broken Dreams itu termasuk buku fiktif atau berdasarkan fakta yang terjadi di sekitar? @SendalUkir

Buku Broken Home ≠ Broken Dreams itu true story. Ada kisah hidup saya dan beberapa followers @Broken_homeINDO


3. Kata orang broken home itu identik dengan kekerasan, kebrutalan, kenakalan. Apa dengan adanya buku ini bisa menghilangkan pemikiran orang-orang seperti itu? @SendalUkir

Yaps, semoga. Itu harapan saya! Dengan adanya buku Broken Home  Broken Dreams saya harap anggapan masyarakat terhadap anak broken home tidak lagi senegatif saat ini.


4. Berapa bulan nih, kamu kirim ke penerbit kemudian diterbitkan? Pernah ditolak penerbit? @KlubBuku_MKS

Cari penerbitnya sekitar sebulan. Iya, pernah mendapatkan penolakan dari pihak penerbit.


5. Buku Broken Home  Broken Dreams kan based true story, aku penasaran, gimana trik kamu nulis agar ceritanya menarik? @AsmaUmmu

Nulisnya pakai hati, supaya pembaca juga dapat feelnya khususnya yang "broken home" :D


6. Pernah ngerasain hilang ide pas nulis gak? @dhan88

Iya, pernah.


7. Apa kiat-kiat menulis ketika kehilangan ide menurut kamu? @KlubBuku_MKS

Beristirahat sejenak, tidak usah dipaksa buat nulis, cari inspirasi baru.


8. Kenangan broken home itu pastinya gak enak, gimana caranya kamu tetap tegar bahkan bisa menjadi inspirasi buat yang lain? @AsmaUmmu

Bangkit dari masalah dan keterpurukan, menginspirasi rekan-rekan yang senasib dengan saya itu sudah membuat saya "kuat dan tegar"


9. Kenapa mau menulis kakak? @AswanWiwi

Saat apa yang saya tulis bisa bermanfaat bagi orang lain, why not?


10. Menulis bisa membantu menyelesaikan masalah, menjadikan kita semakin cerdas. Menulis jodohnya membaca, kamu suka baca buku apa? @AsmaUmmu

Anehnya saya tidak terlalu maniak dalam membaca. Saya lebih suka membaca kisah-kisah atau artikel tentang kehidupan.


11. Broken home identik dengan broken love? Menurut kamu? @SendalUkir

Itulah yang harus dirubah, apalagi bagi mereka yang mengalaminya. Usahakan kedepannya tidak mengulangi kesalahan orang tua mereka.


12. Nah, ternyata @chatreenmoko bukan penggemar buku-buku. Lantas bagaimana cara kamu memperkaya tulisan? @KlubBuku_MKS

Yaps, saya bukan penggemar buku. Saya menulis lebih kepada fact of life, fakta-fakta kehidupan yang saya alami dan orang-orang di sekitar saya.


13. Ada bagian dari buku Broken Home  Broken Dreams yang paling berkesan? Yang mana? @gubukteduh

Bagian paling berkesan di buku Broken Home  Broken Dreams adalah kisah pertama dan terakhir. Dijamin nangis dan inspiring banget.


14. Siapa penulis inspirasi kamu? @AswanWiwi

Penulis inspirasi saya? Anehnya saya tidak punya x_x


15. Kesan tersendiri saat nulis? Terlebih lagi menceritakan kisah sedih bercampur haru milik orang lain. @gubukteduh

Kesan buat saya pribadi, saya lebih dewasa lagi, saya sadar ternyata masih ada yang lebih menderita dari saya.


***

Nah ini dia penampakan buku yang dari tadi dibicarakan :)

credit

Jadi, bagi teman-teman yang penasaran dengan buku Broken Home  Broken Dreams terbitan Mediakita, langsung aja cari di toko buku karena bukunya sudah tersebar di seluruh Indonesia. Siapa tahu teman-teman bisa menemukan makna ketegaran dan kesabaran menjalani masa sulit hidup dari kisah-kisah nyata yang ditulis oleh kak Moko. 

Jangan pernah menjadikan broken home sebagai alasan untuk menghancurkan mimpi-mimpi kamu sendiri. Jangan biarkan kata "broken home" menghalangi kamu dalam meraih cita-cita.
Dream, believe, and make it happen.


Chatreen Moko ( Penulis buku Broken Home  Broken Dreams )
akun twitter : @chatreenmoko

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung, kasi komentar, saran, atau kritik yah :)

 

Copyright © Garis Satu Kata Design by Free CSS Templates | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger