Minggu, 04 Agustus 2013

#coretanhidup : Tips Biar Gak Kalap Belanja Buku

Haloha, selamat pagi semesta :)

Kemarin saya sudah posting tulisan yang sedikit menyinggung tentang fenomena "kalap belanja buku" (read : penyakit baru saya), hahaha. Kali ini saya mau share beberapa tips atau ulasan yang menurut saya kece banget buat teman sekalian yang kebetulan mengalami fenomena ini. Berikut beberapa tips dan ulasan sebelum berbelanja buku, biar gak kalap...

1. Sadar! Luruskan Niat

Niat itu penting lho :)
Hahaha, kedengaran aneh banget ya? Ya, tapi itu memang benar. Perlu banyak kelapangan hati untuk menerima kondisi kita yang sebenarnya (eehh, ini kok jadi gini yah?). Jika ingin mengubah sesuatu yang ada dalam diri kita, entah itu kebiasaan, tingkah laku, ataupun pola hidup, pertama-tama kita harus sadar dulu dong, hehehe. Kita gak bakalan benar-benar bisa berubah, kalau kita sendiri masih ragu apakah kita benar ingin mengubah hal yang ada dalam diri kita atau tidak. Point pentingnya, kamu harus tahu kalau kamu memang benar ingin berubah.

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah sadar diri. Saya punya cara unik untuk tips yang satu ini. Hal yang perlu kamu lakukan hanyalah tatap wajahmu di cermin kemudian buka dompet kamu perlahan, lihatlah perlahan ke dalam dompetmu itu. Setelah melihat dengan seksama, menerawang ke segala sisi dompetmu, lihat kembali ke cermin, perhatikan ekspresimu :D. Kalau ceria, berarti aman...kalau cemberut, berarti warning, hati-hati belanjanya yah :D...dan kalau meringis #eh coba periksa jempol kaki kamu, siapa tau kejepit meja rias, hahaha.

Kadang kala kita sering lupa ketika berbelanja buku, terutama saya. Dengan sadar terhadap kondisi keuangan (read: dompet) kita, maka kita akan lebih awas dalam berbelanja buku.


2. Tentukan Budget

Ini contoh aja ya :D
Penyesuaian keinginan berbelanja buku dengan kemampuan keuangan yang kita miliki itu penting. Jika memang benar teman-teman, termasuk saya, punya kebiasaan yang rutin untuk berbelanja buku setiap bulan, maka menyediakan anggaran untuk kebiasaan itu menjadi hal yang sudah seharusnya dilakukan. Hal ini mungkin lebih ke arah manajemen keuangan kita sih, tapi ini ada kaitannya dengan fenomena "kalap buku".

Dengan membuat sebuah anggaran belanja besarnya tiap bulan, kita akan bisa melihat secara jelas berapa anggaran tiap kebutuhan kita. Konsistensi kita dilihat ketika kita berpegang teguh dengan apa yang telah kita tulis dalam anggaran sebelumnya. Kaitannya dengan fenomena "kalap buku" mana? Kita bisa ambil contoh seperti ini, katakan saja kita menyisihkan sebesar 150 ribu rupiah untuk membeli buku baru bulan Agustus. Mau tak mau kita hanya punya uang sebesar itu untuk beli buku baru. Jika kita menggunakan lebih, alhasil akan berimbas pada keperluan yang lain. Dengan menentukan budget belanja buku baru kita jadi lebih mudah menyesuaikan dengan mana buku yang bisa dibeli sesuai budget tersebut dan jumlah buku yang dapat dibeli.


3. List Itu Penting, Prioritas :)

Sebelum berbelanja buku, ada baiknya kita duduk dulu sebentar memikirkan buku apa yang ingin kita beli. Jika ingatan tak mampu menampung banyaknya judul buku yang ingin dibeli, ambil secarik kertas kemudian buatlah daftar / list buku-buku tersebut. Hal ini memberikan kemudahan bagi kita pastinya agar lebih mengefisiensikan waktu jalan ke toko buku, menentukan besar pengeluaran, dan menyesuaikan dengan keuangan kita. Hal ini pula juga menghindarkan kita dalam berpikir-pikir dalam memilih mana buku yang ingin dibeli, tentunya untuk menghindari "godaan" dari buku-buku baru yang lainnya itu.

Dengan adanya list atau daftar buku yang ingin dibeli, ini menunjukkan prioritas mana yang lebih dibutuhkan dan diinginkan. Secara tidak langsung kita dengan tidak sadar mensugesti diri kita agar tidak mengikuti kebiasaan "lapar mata" dalam melihat novel-novel baru.

Jika hal ini teratur dilakukan, pastinya penyakit kalap saat belanja buku dapat diminimalisir. Jangka panjang, dengan membuat sebuah list buku (sebelum belanja) atau kebutuhan lainnya juga mengajarkan kita untuk hidup hemat dan teratur, sadar akan kebutuhan.

Sebelum belanja buku, buat list dulu yuk :)

Yah, membuat list sebelum berbelanja buku adalah salah satu cara yang tepat dalam mengontrol kalapnya dalam belanja :D.


4. Tahan Diri Dong! Jangan tergoda!


Jangan pada laper mata kalau liat yang beginian yah :D
Sumber gambar disini

Terkadang ketika kita berusaha untuk melakukan sesuatu yang sangat penting tak disangka banyak godaan dan cobaan datang. Sama seperti kasus ini. Saat kita mau konsisten gak pengen kalap pas belanja buku terkadang kita khilaf. Melihat banyaknya buku baru banyak dipampang di toko buku, siapa sih bookaholic yg tahan.

Oleh karena itu kita harus kembali melihat ke awal. Kita harus konsisten dengan diri kita, harus kontrol diri terhadap "godaan". Jika tidak, semua yang akan direncanakan dan dilakukan akan sia-sia. Harus ada kesadaran dan kemampuan serta kemauan untuk menekan penyakit "lapar mata", hehehe.


5. Bawa Uang Secukupnya

Hal ini juga bisa menjadi salah satu trik yang unik. Jika kita membawa uang yang cukup atau dengan kata lain tidak terlalu banyak maka kemungkinan kita untuk membelanjakan buku yang sebenarnya tidak terlalu kita butuhkan saat itu akan menjadi lebih kecil.


6. Datang Saat Diskon

Datang pada saat diskon adalah surga bagi para pecinta belanja buku. Ini bisa jadi sebuah trik untuk mengakali kebiasaan kita yang "kalap saat belanja buku" agar keuangan kita gak kebobolan saat belanja. Disamping hemat, dengan adanya diskon bisa nambah banyak buku yang bisa dibeli kan? Bisa dibayangkan gak kalau misalkan kita sudah menentukan budget belanja buku kita bulan ini sebesar 200 ribu rupiah untuk 4 buku. Tapi kalau kita datang pas diskon kan bisa dapat 5-6 buku kan? Asyik kan? Hehehe.

Special Price. Sumber gambar disini

Diskon. Sumber gambar disini


Itu sedikit tips dari saya. Semoga bermanfaat yah.


#coretanhidup

8 komentar:

  1. Inilah alasan kenapa saya lebih suka beli buku online... soalnya sering kalap kalo ke TokBuk :3

    Makasih tipsnya... semoga bermanfaat. aamiin :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe.. :)

      Aamiin, semoga bermanfaat.. Makasih banget udah berkunjung :D

      Hapus
  2. Suka banget! terimakasih banyak tipsnya.. bener2 bermanfaat :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, sama-sama :)
      Makasih banyak udah mampir nih di blogku, :)

      Hapus
  3. Wah, samaan kita. Suka bikin list buku yang dipengen. :D

    Tambahan tips.
    Kalo pengen beli buku pas akhir bulan ajah. Semua kebutuhan udah beres nah sisa uangnya baru buat beli buku. Kalo di awal, beli buku ini itu lha terus hal yang penting kadang suka lupa. Konteksnya nggak suma buku sih, beli-beli apapun juga juga gitu, butuh skala prioritas. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh, samaan dong :D

      Iyaa, bener juga, kalau beli awal bulan, biasanya lupa diri gitu. Tangan berasa gatel pengen beli buku baru terus, soalnya duit masih ada di dompet, :D

      Hapus
  4. Ah ! benar sekali tipsnya :D

    Saya tuh paling gak tahan kalau liat novel Mira W ,asli pengen beli semuanya tapi budget gak memadai hihihi

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung, kasi komentar, saran, atau kritik yah :)

 

Copyright © Garis Satu Kata Design by Free CSS Templates | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger